Prototipe Alat Pengujian Barang Dalam Keadaan Terbungkus (BDKT) Gas 3 Kg dengan Menggunakan Bantuan Teknologi RFID dan Timbangan Digital untuk Proses Akuisisi Data

Suyasmini, Kadek Dwi and Herlambang, Kevin Dewanto (2019) Prototipe Alat Pengujian Barang Dalam Keadaan Terbungkus (BDKT) Gas 3 Kg dengan Menggunakan Bantuan Teknologi RFID dan Timbangan Digital untuk Proses Akuisisi Data. Diploma thesis, Akademi Metrologi dan Instrumentasi.

[thumbnail of Kadek (A016024) - Kevin (A016050).pdf] Text
Kadek (A016024) - Kevin (A016050).pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Pengujian tabung gas tiga kilogram sangat erat kaitannya dengan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah mengingat gas sudah menjadi salah satu kebutuhan dasar masyarakat Indonesia Pelaksanaan pengujian untuk memastikan bahwa jumlah liquefied petroleum gas (LPG) sudah sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah. Jaminan kebenaran kuantitas produk merupakan suatu hal yang mutlak diakukan oleh pemerintah untuk melindungi masyarakatnya.
Pengujian tabung gas tiga kilogram dilakukan sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 31/M-DAG/PER/10/2011 Tentang Barang Dalam Keadaan Terbungkus. Syarat teknis pengujian terdapat pada Surat Keputusan Direktorat Jenderal Standardisasi Dan Perlindungan Konsumen Nomor: 26/SPK/KEP/3/2015 Tentang Petunjuk Teknis Pengujian Atas Kebenaran Kuantitas Barang Dalam Keadaan Terbungkus Yang Dinyatakan Dalam Satuan Berat Dan Volume. Pengujian biasanya dilakukan dengan menandai sampel menggunakan kapur atau spidol setelah itu dilakukan penimbangan berat tabung saat keadaan kosong dan terisi dengan menggunakan timbangan elektronik kemudian hasil pengujian ditulis satu persatu kedalam sebuah cerapan.
Pengujian tabung gas secara manual berlangsung cukup lama dan terkesan kurang praktis, oleh karena itu radio frequency identification (RFID) dapat digunakan sebagai alat bantu untuk menandai tabung. Teknologi RFID bekerja dengan memancarkan induksi elektromagnetik saat dikenai gelombang frekuensi tinggi dari RFID reader. Timbangan digital digunakan untuk menimbang tabung gas yang kosong (tara) dan tabung saat terisi gas (bruto). Nilai isi bersih dari tabung diperoleh dari pengurangan nilai bruto dan nilai tara. Nilai tara, bruto dan netto dapat disimpan pada database sehingga tidak perlu menggunakan cerapan. Pembuatan user interface menggunakan software visual basic untuk memudahkan user.

Kata kunci: RFID, timbangan digital, database

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: I Intrumentation
M Metrology
TA Tugas Akhir
Depositing User: Mega I
Date Deposited: 13 Sep 2022 01:44
Last Modified: 13 Sep 2022 01:44
URI: http://repo.akmet.ac.id/id/eprint/75

Actions (login required)

View Item
View Item