Identifikasi tanda tera pada alat-alat ukur, takar, timbang, dan perlengkapannya menggunakan metoda RFID dan QR Code

Fajhriana, Lintang Sari and Raharjo, Imanuel (2019) Identifikasi tanda tera pada alat-alat ukur, takar, timbang, dan perlengkapannya menggunakan metoda RFID dan QR Code. Diploma thesis, Akademi Metrologi dan Instrumentasi.

[thumbnail of Lintang (A016047) - Imanuel (A016052).pdf] Text
Lintang (A016047) - Imanuel (A016052).pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Tanda Tera adalah tanda yang dibubuhkan pada Alat-alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya (UTTP) untuk memberikan tanda sah, tanda batal, tanda jaminan, tanda pegawai yang berhak dan/atau tanda daerah pada UTTP atau pada surat keterangan tertulis bagi UTTP yang tidak dapat dibubuhi tanda tera, yang telah ditera dan atau ditera ulang, yang bentuk, dimensi, material dan kegunaannya diatur oleh peraturan perundang undangan yang berlaku. Kegiatan pengawasan dan pengujian metrologi terhadap (UTTP) telah diatur sesuai Undang-Undang Metrologi Legal. Salah satu kegiatannya adalah identifikasi yang dilakukan dengan melihat segel tera/tera ulang UTTP.
Penggunaan lemping timah sebagai penanda pada UTTP memliki kelemahan dan potensi akan pemalsuan. Selain itu metode identifikasi yang digunakan untuk mengidentifikasi tanda tera berpotensi tinggi akan kesalahan paralaks. Tanda tera/tera ulang yang selama ini diberikan secara fisik pada UTTP yang telah teruji perlu diintegrasikan dengan hal lain untuk mendapatkan fungsi elektronik dan digital untuk mempermudah dan meningkatkan validasi kemetrologian di Indonesia. Perlu dilakukan pengembangan Tanda Tera dengan penggunaan Radio Frequency Identification (RFID) dan QR Code untuk mengidentifikasi tanda tera pada UTTP.
Sistem identifikasi tanda tera pada UTTP dengan metoda RFID dan QR Code berhasil dibuat dan integrasi hasil pembacaan ke database berhasil dilakukan. Namun, penggunaan material untuk bahan dan desain plombir pada Tanda Tera yang disisipi RFID yang digunakan belum dapat bekerja dengan optimal. Hasil performa pembacaan RFID berada pada rata-rata jarak baca maksimal 2 cm pada 14 titik sudut pembacaan yang berbeda.

Kata kunci: UTTP, RFID, QR Code, Database, Tanda Tera.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: I Intrumentation
M Metrology
TA Tugas Akhir
Depositing User: Mega I
Date Deposited: 13 Sep 2022 01:43
Last Modified: 13 Sep 2022 01:43
URI: http://repo.akmet.ac.id/id/eprint/77

Actions (login required)

View Item
View Item