Alat bantu monitoring pembacaan daya pada meter kWh digital rumah tangga

Dewi, Tesya Apnita and Silvi, Lutfia (2019) Alat bantu monitoring pembacaan daya pada meter kWh digital rumah tangga. Diploma thesis, Akademi Metrologi dan Instrumentasi.

[thumbnail of Tesya (A016008)- Lutfia (A016035).pdf] Text
Tesya (A016008)- Lutfia (A016035).pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan listrik sudah menjadi kebutuhan utama bagi semua masyarakat. Besar pemakaian energi listrik oleh setiap konsumen dapat diukur dengan menggunakan suatu alat pengukur energi listrik yaitu meter kWh, seperti yang dilakukan oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) pada tiap-tiap pelanggan. Pelanggan akan membayar biaya listrik sesuai dengan nilai meter kWh terukur baik secara pascabayar maupun prabayar. Akan tetapi, masih terdapat kelemahan dalam sistem pembayaran daya energi listrik tersebut. Salah satu kelemahannya yaitu masyarakat tidak dapat melakukan pengontrolan pemakaian energi listrik setiap hari karena pelanggan hanya mengetahui besarnya daya yang terpakai ketika telah tiba waktunya pembayaran. Dengan demikian, dibuat sebuah prototipe alat bantu monitoring meter kWh digital rumah tangga.
Prototipe dirancang dengan menggunakan sensor Light Dependent Resistor (LDR) sebagai pendeteksi kedipan lampu indikator LED pada meter kWh digital yang dikontrol oleh mikrokontroler ESP8266 dan dapat terhubung ke web. Jumlah kedipan lampu LED yang telah dikonversi menjadi nilai kWh kemudian ditampilkan di LCD dan web. Web yang telah dibuat dibangun dengan menggunakan framework CodeIgniter karena dianggap lebih mudah dan tidak perlu membuat web dari awal.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa tegangan keluaran sensor ketika mendeteksi lampu LED sebesar 0-0,17V dan ketika tidak mendeteksi lampu LED sebesar 5-5,04V. Hasil pengujian kebenaran dengan beban dan meter kWh digital diperoleh eror prototipe terhadap meter kWh digital sebesar 0%, nilai eror meter kWh digital terhadap beban rata-rata sebesar 15,611%, dan nilai eror prototipe terhadap beban rata-rata sebesar 15,686%. Adapun hasil pengujian IoT menunjukkan bahwa prototipe memberikan selisih waktu yang stabil terhadap waktu server di semua waktu pengujian yaitu sebesar 36 detik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa prototipe ini dianggap akurat dan dapat dipergunakan bagi masyarakat di rumah.

Kata kunci: Meter kWh Digital, Sensor LDR, Mikrokontroler ESP8266, Codeigniter

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: I Intrumentation
M Metrology
TA Tugas Akhir
Depositing User: Mega I
Date Deposited: 13 Sep 2022 01:45
Last Modified: 13 Sep 2022 01:45
URI: http://repo.akmet.ac.id/id/eprint/82

Actions (login required)

View Item
View Item